Our Blog post image goes here

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi meraih Juara Harapan I Duta GenRe DIY

YOGYAKARTA (UPNVY) – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Rio Har Pratama berhasil mendapatkan juara Harapan I Duta Generasi Berencana (GenRe) yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peran Duta GenRe merupakan manifestasi dari figure motivator untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe.

Perjalanan Rio mengikuti ajang tersebut, tidak lepas dari keaktifannya mengikuti kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Bidik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY). Berkat pendampingan dan pembinaan yang dilakukan oleh Retno Hendaningrum, S.IP., M.Si. dan Senja Yustitia, S.Sos., M.Si., yang merupakan tim pengajar di  Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPNVY, Rio menorehkan prestasi.

Proses pemilihan Duta GenRe DIY 2019 terbilang cukup panjang, peserta memulai dengan seleksi administrasi, kemudian tes tulis dengan materi GenRe, Pengetahuan Umum, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) dan Pengetahuan tentang Yogyakarta. Peserta yang lulus seleksi tulis, harus melalui tes wawancara dan bakat. Proses berlanjut hingga terpilih 30 finalis tetap yang berhak masuk proses masa karantina yang dipadatkan dengan berbagai kegiatan pembekalan. Hingga pemilihan Duta GenRe yang ditetapkan pada malam grand final yang dilangsungkan pada Sabtu, 3 Agustus 2019 sebagai pamungkasnya.

Program GenRe mengembangkan materi-materi diantaranya mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Tidak hanya perolehan prestasi selama kompetisi berlangsung, Rio mendapatkan pengalaman dan ilmu selama mengikuti pemilihan Duta GenRe DIY 2019 ini ingin dapat menjadi role model bagi remaja di DIY, terkhusus bagi generasi muda di kampus UPNVY. Mengutarakan langkah selanjutnya, putra pasangan Mudahar dan Sulfiani ini mengungkapkan harapannya. "Harapannya saya tetap menjadi diri sendiri. Menebarkan menebarkan kegiatan positif dan jangka panjangnya ada banyak yang terpinspirasi atas apa yang saya lakukan." Rio juga menambahkan, dalam melakukan advokasi program GenRe akan berkreatifitas melalui pemanfaatan berbagai kanal media sosial yang juga menjadi minatnya selama ini.

Penulis: Tia
Editor: nurin
Foto: Istimewa