UPN “Veteran” Yogyakarta Mahasiswa Komunikasi Ikuti Pertukaran Mahasiswa ke Thailand

(11/08/2014)

Belajar dan berinteraksi dengan mahasiswa di kampus luar negeri adalah idaman setiap mahasiswa Indonesia. Kabar gembira inilah yang sedang dirasakan oleh 2 mahasiswa Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta Irza Iryani dan Merlyn Marantika Bamanty yang berhasil mengikuti program pertukaran mahasiswa di Chulalongkorn University, Thailand. Keduanya akan berangkat ke Bangkok pada 3 Agustus mendatang dan mulai mengikuti kuliah pada 11 Agustus hingga 17 Desember.

Irza dan Merlyn yang berhasil menyisihkan ratusan pelamar dari seluruh dunia itu akan belajar di Communication Management Departement, Faculty of Communication Arts. Mereka adalah 5 mahasiswa dari total 15 mahasiswa yang diwawancarai oleh dosen setempat sebelum akhirnya diterima mengikuti program pertukaran.

Saat ditanya tentang target mereka mengikuti program ini, Irza mengatakan bahwa ia ingin belajar lebih banyak tentang budaya, sejarah dan interaksi antar kultural. Hal itu sesuai dengan paparan study plan yang mereka tulis saat mengirimkan aplikasi ke Chulalongkorn University. Sedangkan Merlyn mengaku tertarik dengan pengembangan bahasa setempat serta komunikasi bisnis yang bisa dipelajari selama mereka belajar 1 semester di kampus tersebut. “Kami ingin sekali bisa memperkenalkan budaya Indonesia kepada mahasiswa asing disana selain itu memperdalam bahasa Thailand,” papar Merlyn yang fasih berbahasa Inggris dan Jerman ini.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Lukmono Hadi, M.S menyatakan bangga dengan prestasi mahasiswa tersebut. Ia berpesan agar Irza dan Merlyn mampu menyerap ilmu sebanyak mungkin selama di Chulalongkorn University. “Mereka adalah duta kami dan bangsa Indonesia sekaligus menjadi salah satu pionir kerjasama internasional yang sudah kami rintis dengan banyak universitas luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Kaprodi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta  Dr. Subhan Afifi menjelaskan bahwa pada tahun 2013 prodi juga berhasil mengirimkan beberapa mahasiswa ke Chulalongkorn University untuk program yang sama. Kerjasama yang sudah lama dibangun ini diharapkan dapat turut meningkatkan kualitas prodi yang kini sudah terakreditasi A tersebut. “Tahun ini salah satu alumni kami bernama Nunik Hariyani juga diterima sebagai mahasiswa program S2 Chulalongkorn University melalui program beasiswa,” ungkapnya. Prestasi ini tentu saja menjadi pelecut bagai mahasiswa lain agar dapat mengikuti jejak pendidikan yang sama baiknya.

Seperti diketahui prodi juga menjalin kerjasama internasional dengan beberapa universitas lain seperti Universiti Malaysia Kelantan (Malaysia), Rangsit University (Thailand), Kanda Unversity of International Studies (Jepang), dan Universiti Malaya (Malaysia). Berbagai kegiatan inovatif dan menarik yang melibatkan mahasiswa juga terus dikembangkan seperti Passage to Asean dan D’Catch yaitu merupakan program audiovisual dan komunikasi antar budaya.

Caption:

Irza (kuning)  dan Merlyn (merah) diapit Dekan FISIP dan Kaprodi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta