PNS Sleman Ikuti Pelatihan Pelayanan Prima di Komunikasi UPN Yogyakarta

(17/07/2014)

Era keterbukaan informasi membuat pegawai negeri sipil (PNS) dituntut untuk semakin prima dalam melayani masyarakat. Kecepatan dan ketepatan dalam merespon tuntutan serta dinamika publik menjadi elemen penting yang harus dibangun.

Upaya peningkatan kualitas  pelayanan  inilah yang menjadi gagasan utama acara Pelatihan Pelayanan Prima Dalam Pelayanan Publik, 17-19 Juni di Kampus Komunikasi UPN ‘Veteran’ Yogyakarta. Gelaran kerjasama antara Prodi Ilmu Komunikasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD)  Kabupaten Sleman itu diikuti 20 PNS yang bertugas sebagai pelayan publik di kantor-kantor  kecamatan.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Subhan Afifi,M.Si menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud pengembangan dan pemanfaatan ilmu komunikasi khususnya public relations. “Kegiatan ini adalah sumbangsih kami dalam mendukung pemerintah di bidang layanan publik. Masyarakat kini makin kritis sehingga pejabat publik juga harus semakin responsif dan peduli dalam memberikan  pelayanan”, ujarnya. Afifi menambahkan bahwa acara pelatihan seperti ini dapat menjadi agenda rutin prodi karena Komunikasi UPN memiliki SDM yang ahli dan fasilitas laboratorium memadai.

Wiyato Widodo, S.Sos, M.Si dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sleman menjelaskan bahwa PNS sudah selayaknya terus meningkatkan wawasan dan  kemampuan diri agar memberi dampak positif bagi pelayanan publik. "BKD berusaha memfasilitasi pengembangan SDM PNS Kabupaten Sleman melalui berbagai program, termasuk bekerjasama dengan perguruan tinggi,"  ujarnya dalam pembukaan pelatihan di kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta.

Beberapa materi yang dipaparkan dalam pelatihan ini adalah urgensi pelayanan prima, komunikasi efektif, standar pelayanan publik, kepuasan pelanggan, kebijakan pelayanan publik dan penanganan komplain.  Peserta juga mempraktekkan bagaimana memberikan pelayanan prima terhadap publik,  bagaimana menangani komplain serta mengkomunikasikan solusinya. Kegiatan praktik dilaksanakan di laboratorium multimedia.

Ketua Panitia Pelatihan Pelayanan Prima Dalam Pelayanan Publik, Siti Fatonah, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian prodi komunikasi UPN Veteran Yogyakarta terhadap pelayanan publik. “Kami ingin membudayakan bahwa setiap pelayan publik harus memiliki pelayanan prima yang pada akhirnya akan mengangkat citra positif instansi yang bersangkutan,” paparnya. Kedepan, acara pelatihan yang sudah berlangsung ke-4 kalinya ini akan terus dilakukan dengan menggandeng berbagai instansi yang bersinggungan dengan masyarakat luas.