Jurusan Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta

Blu Speed

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi disusun salah satunya berdasarkan profil lulusan. Adapun profil lulusan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi adalah sebagai berikut:

No.Profil LulusanDeskripsi ProfilKKNI
1DosenMampu menjelaskan filsafat ontologis, epistemologis, metodologis, dan aksiologis kajian ilmu komunikasi khususnya corporate communication dalam kerangka menyusun publikasi ilmiah serta melakukan evaluasi akademik.Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional
2Praktisi Humas LembagaMampu merancang dan melaksanakan kebijakan corporate communication dan media berbasis analisis performa organisasi dan pemecahan masalah corporate communication dalam usaha mengembangkan jaringan dan mencapai tujuan organisasi.Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional
3BirokratMampu mengambil keputusan dalam konteks kebijakan corporate communication berdasarkan analisis performa organisasi dalam usaha pemecahan persoalan organisasi dan pengembangan jaringan.Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional
4EntrepreneurMampu memanfaatkan prinsip-prinsip keilmuan corporate communication dalam kerangka pengembangan usaha melalui analisis performa organisasi, kebijakan komunikasi pemasaran dan media, serta pengembangan jaringan.Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional
5Pekerja MediaMampu menyusun perencanaan dan kebijakan media secara strategis berdasarkan prinsip keilmuan corporate communication serta mengembangan dan memelihara jaringan.Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner

Capaian Pembelajaran Lulusan dan Bahan Kajian Magister Ilmu Komunikasi

KodeDeskripsi CPL ProdiBahan Kajian
Sikap
S1Berperilaku sesuai nilai-nilai ketuhanan, disiplin, kreatif, berjiwa kewirausahaan, kejuangan, jujur, unggul, dan bela negara dalam melaksanakan pekerjaan di bidang keahliannya.Etika komunikasi Audit komunikasi Branding Pemasaran
S2Mengimplementasikan toleransi, nasionalisme, rasa tanggung jawab pada negara, bangsa, dan profesi, penghargaan terhadap budaya dan agama dalam meningkatan mutu kehidupan berdasarkan Pancasila;Tanggung jawab organisasi Etika komunikasi Hubungan masyarakat
Pengetahuan
P1Mampu menjelaskan filsafat ontologis, epistemologis, aksiologis, dan metodologis dalam kajian ilmu komunikasi, khususnya corporate communicationFilsafat epistemologis, ontologis, aksiologis Metodologi Penelitian Penulisan akademik  
P2Mampu menganalisis fenomena corporate communication sesuai dengan teori komunikasiPerencanaan Stratejik Komunikasi organisasi Performa organisasi Iklim dan  budaya organisasi Reputasi
P3Mampu menjelaskan teori-teori komunikasi untuk menghasilkan desain kebijakan dan model rekayasa sosial untuk memberi kontribusi dalam memecahkan persoalan corporate communicationTeori komunikasi Pengambilan keputusan Teknologi dalam komunikasi    
P4Menjelaskan teori dan konsep turunan kajian corporate communication untuk menyelesaikan permasalahan secara kritis dan akademisKomunikasi korporat Manajemen SDM Organisasi  
Keterampilan Umum (KU)
KU1Mampu melakukan validasi akademik dan peningkatan kapasitas pembelajaran secara mandiri sesuai bidang corporate communication dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;Metodologi penelitian
Penulisan akademik
Pengambilan keputusan Teori komunikasi
KU2Mampu menyebarluaskan ide, hasil pemikiran, dan argumen yang disusun sesuai kaidah dan etika ilmiah sesuai bidang keilmuan dalam bentuk tesis, artikel ilmiah, dan artikel multiplatform media dalam rangka pengembangan keilmuanMetodologi penelitian
Penulisan akademik
Media
Hubungan masyarakat
KU3Mampu mengambil keputusan berbasis kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data dengan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang penugasanPengambilan keputusan
Metodologi Penelitian Audit Komunikasi Manajemen stratejik

KU4Mampu mengelola jaringan kerja dengan kolega sejawat di dalam dan luar lembaga dalam pengembangan diri dan lembaga.Komunikasi Korporat
Hubungan Masyarakat
Etika Komunikasi
Komunikasi Organisasi
Reputasi
Branding
Ketrampilan Khusus
KK1Mampu mendiagnosis performa organisasi melalui proses auditing komunikasi yang diperlukan bagi peningkatan kapasitas dan performa organisasi.Audit Komunikasi
Performa Organisasi Iklim dan budaya organisasi Perencanaan Stratejik Komunikasi Korporat
KK2Mampu merancang kebijakan media, perencanaan media, serta perencanaan dalam bidang komunikasi pemasaran secara strategis dan berbasis penelitian bagi kepentingan organisasi dan korporasi.  Branding Media
Komunikasi dan bisnis
Pemasaran dan periklanan
Hubungan Masyarakat
Pengambilan Keputusan
Etika Komunikasi
KK3​​Mampu mengevaluasi sesuai kompetensi keilmuannya dalam bidang corporate communication terhadap permasalahan-permasalahan organisasi dan korporasi di masyarakat.Audit Komunikasi Iklim dan budaya organisasi Performa Organisasi
Teknologi dalam Komunikasi
KK4Mampu menerapkan metode riset tepat guna dan pengembangan keilmuan di bidang corporate communicationMetodologi Penelitian
Penulisan Akademik Audit komunikasi

Course Organization