Jurusan Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta

Blu Speed

Laboratorium Multimedia

DESKRIPSI

Laboratorium Multimedia pada Jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu laboratorium yang berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Laboratorium ini bertempat di gedung Agussalim ruang AS. 1-7. Laboratorium multimedia ini memiliki daya tampung hingga 25 mahasiswa. ruang AS. 1-7 memiliki ukuran yang cukup luas disertai fasilitas AC yang sangat memadai sehingga aktivitas yang dilakukan di laboratorium multimedia terasa nyaman. Laboratorium ini memiliki fungsi utama yakni untuk kegiatan praktikum dari teori yang telah didapatkan dari perkuliahan teori. Alat pendukung juga disediakan untuk menunjang fungsi dari laboratorium ini dan kegiatan pembelajaran yang ada didalamnya. Laboratorium multimedia memiliki All in One PC sebanyak 25 buah untuk digunakan mahasiswa praktikum dan 1 buah All in One PC bagi Dosen Pengampu Praktikum.

KEGIATAN-KEGIATAN LAB MULTIMEDIA:

Terselenggaranya tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan,  pengabdian masyarakat, dan penelitian yang unggul, kreatif, inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian  dan kecendekiaan pada pengelolaan  laboratorium  Multimedia jurusan ilmu Komunikasi sehingga meningkatkan  dan mengembangkan  ilmu pengetahuan, teknologi  dan Multimedia.

Ruang   Laboratorium  Multimedia   menyediakan    fasilitas    untuk menunjang   proses  belajar   mengajar   praktikum   mata  kuliah   di  Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip UPN “Veteran” Yogyakarta. Selain itu Laboratorium  Multimedia juga digunakan untuk sertifikasi Humas yang dilaksanakan  Dosen Ilmu Komunikasi.

Berikut mata kuliah praktikum yang menggunakan Laboratorium  Multimedia:

1. Praktikum Komputer Grafis

2. Praktikum Animasi dan Produksi Multimedia

3. Praktikum Produksi Media Humas

4. Praktikum Produksi Media Cetak

FASILITAS LABORATORIUM

  1. Software: Adobe Photoshop 2021, Adobe Illustrator 2021, Adobe Premiere Pro 2021, Adobe After Effect 2020, Blender, Corel Draw 2021
  2. Acces Point Router 5G
  3. Internet 4G dan 5G
  4. AC 2PK 3 buah
  5. LCD Proyektor SONY HD
  6. Screeen Proyektor 120in
  7. PC ALL IN ONE
  8. Stop Kontak

Tata Tertib Penggunaan Laboratorium Multimedia

  1. Mahasiswa dan Dosen wajib  meminjam  ruangan, alat, bahan dan sarana prasarana sesuai ketentuan peminjaman.
  2. Mahasiswa  dilarang  membuat  gaduh  di  dalam laboratorium   Multimedia.
  3. Dilarang  makan, minum  dan merokok  di dalam laboratorium  Multimedia.
  4. Membuang sampah harus pada tempat sampah yang sudah ditentukan.
  5. Pengunjung laboratorium  wajib menjaga kebersihan laboratorium.
  6. Pengunjung  dan  Praktikan  di  laboratorium,   wajib  merapikan  kembali semua inventaris laboratorium.
  7. Dilarang  membawa  peralatan  laboratorium   keluar  ruang  laboratorium tanpa izin dari kepala laboratorium.
  8. Dilarang membawa pulang peralatan laboratorium.
  9. Pengunjung   dan   Praktikan   laboratorium    harus   menjaga   keamanan inventaris laboratorium.
  10. Jika  terjadi  kerusakan  dan  kehilangan   peralatan  laboratorium,   maka pengunjung   atau praktikan  yang  merusakkan  atau menghilangkan alat tersebut  wajib  melapor  ke  petugas laboratorium   dan  mengganti  alat tersebut.
  11. Jika tidak  ada  yang  melapor  telah  menghilangkan    atau  merusakkan alat laboratorium, maka   semua   pengunjung  atau praktikan yang mengunjungi   laboratorium   wajib mengganti 2 kali lipatnya.

Tata Tertib Praktik Laboratorium Multimedia

  1. Setiap mahasiswa wajib mengikuti praktek laboratorium.
  2. Berpakaian sopan dan rapi saat masuk ke dalam laboratorium
  3. Mahasiswa harus hadir  di ruang praktek laboratorium  5 menit  sebelum praktikum dimulai.
  4. Sebelum masuk ruang laboratorium, setiap mahasiswa harus sudah mempelajari materi praktikum dan membuat persiapan praktikum sebelumnya.
  5. Selama praktek di laboratorium  dilarang membuat gaduh, makan, minum dan merokok  di dalam laboratorium
  6. Selesai praktikum tempat kerja harus dibersihkan  dan dirapikan  kembali, serta alat-alat dikembalikan  pada tempatnya, mahasiswa mematikan komputer setelah digunakan dan sebelum meninggalkan  laboratorium komputer.
  7. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti  praktikum harus melapor kepada dosen matakuliah yang bersangkutan.
  8. Peralatan laboratorium  yang dipakai  dalam  praktikum,  menjadi tanggungjawab mahasiswa dan harus berhati-hati dalam mempergunakannya.
  9. Mahasiswa  yang  datang      terlambat    lebih  dari   15      menit    tidak diperkenankan mengikuti  praktikum
  10. Setiap  pengguna  laboratorium  dilarang  mengubah  setting  jenis  apapun yang menyangkut setting komputer yang ada di laboratorium komputer.
  11. Setiap  pengguna   laboratorium   dilarang   memasukkan  jenis   data  atau program apapun ke dalam komputer tanpa seijin  pihak laboratorium.
  12. Setiap  pengguna  laboratorium  dilarang  menghapus  atau memindahkan data atau software apapun yang berbentuk file atau direktori di komputer.
  13. Setiap   pengguna   laboratorium   dilarang   membuat  keributan   ataupun memainkan jenis game apapun di dalam laboratorium selama perkuliahan berlangsung.
  14. Setiap  pengguna   laboratorium   dilarang   melakukan   perusakan  dalam bentuk apapun terhadap fasilitas di laboratorium.
  15. Penggunaan   laboratorium    disesuaikan    dengan   jadwal   yang   telah ditentukan.  Bila hendak menggunakan ruang laboratorium  dengan waktu yang lebih lama melebihi  dari jadwal, maka praktikan harus meminta ijinkepada petugas laboratorium  dan tergantung  dari kondisi  saat itu  yang akan  ditentukan  oleh  pihak  laboratorium.   Permohonan  harus  diajukan paling lambat 1 minggu  sebelum jadwal perubahan yang dimaksud.
  16. Jika setiap pertemuan mata kuliah  menggunakan  laboratorium  komputer maka mahasiswa harus duduk  dan menggunakan  komputer  yang  sama agar dapat melanjutkan  progress yang  telah dilakukan  pada pertemuan sebelumnya.